Sebuah apel sehari dapat menjauhkan Anda dari dokter. Itu suatu ungkapan yang sering didengar terutama di negara Barat. Dan penelitian terbaru dari para ahli di universitas Cornell membuktikan hal tersebut.
Penelitian ini memberikan bukti yang lebih jauh akan manfaat mengkonsumsi buah apel dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Karena di dalam buah apel terdapat keuntungan ganda yang bermanfaat bagi kolesterol dalam darah.
Penelitian dengan menggunakan sel hati manusia, menunjukkan bahwa antioksidan yang ada dalam apel berpotensial dalam menurunkan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) yang sering disebut dengan ‘’kolesterol buruk’‘, dengan cara menstimulasi produksi dari reseptor LDL dalam sel hati. Dengan begitu, akan membantu mengeluarkan kolesterol dalam darah. Seperti efek yang ditemukan dalam obat penurun
kolesterol golongan statin.
Keuntungan kedua yang ditemukan, bahwa buah apel dapat mencegah kolesterol LDL mengalami oksidasi menjadi LDL teroksidasi. LDL teroksidasi merupakan bentuk LDL yang berbahaya, yang dapat menyebabkan risiko terjadinya serangan jantung dan juga stroke.
Penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti yang sama, juga menemukan akan efek apel dalam mencegah kanker payudara, dalam percobaan yang dilakukan terhadap hewan.
Hasil penelitian-penelitian di atas diungkapkan dalam pertemuan American Chemical Society di San Diego, Amerika Serikat.